Mobil Listrik Mazda MX-30 Diperkenalkan di Tokyo Motor Show 2019

Mazda akhirnya resmi memperkenalkan konsep mobil crossover listriknya yang dijuluki MX-30 pada pagelaran Tokyo Motor Show 2019. Mobil ini merupakan kendaraan listrik perdana Mazda yang akan diproduksi secara massal.

Sebelumnya, pada tahun 2012 Mazda sempat meluncurkan kendaraan listrik Demio EV. Namun mobil tersebut memiliki jumlah terbatas dan hanya tersedia dalam bentuk penyewaan.

MX-30 terlihat memiliki bodi yang sporty dan sedikit serupa dengan CX-5 namun dengan bagian grille lebih kecil yang tersambung dengan lampu depan. Menariknya, mobil ini menggunakan suicide doors untuk pintu penumpang belakang seperti pada Rx-8. Dengan model tersebut, pintu belakang baru bisa dibuka setelah pintu depan terbuka terlebih dahulu.

Penggunaan suicide doors memberikan nilai tambah pada ruang yang tersedia. Hal tersebut dikarenakan ketiadaan B-pillar yang membuat mobil ini terasa lebih luas.

Dari segi interior, Mazda MX-30 membawa konsep enviromental friendly. Konsep tersebut diterapkan pada penggunaan kain fabrik yang terbuat dari botol plastik serta center console yang sebagian besar berbahan cork.

Fitur Canggih
Kendaraan ini juga dilengkapi dengan i-Activsense safety suite milik Mazda. Fitur tersebut membantu meningkatkan keselamatan pengendara dengan lane-keeping assist, blind-spot monitoring, automatic emergency braking with pedestrian, night time and bicycle detection.

MX-30 menggunakan baterai lithium-ion berkapasitas 35.5 kWh yang mampu membawa mobil ini menempuh jarak sekitar 209 kilometer dalam satu kali pengisian daya. Mobil ini mampu memuntahkan tenaga sebesar 143 tk dengan torsi 265 Nm.

MX-30 diperkirakan segera siap untuk diproduksi dan akan memulai tahap pengiriman pada tahun 2020.

Penulis:Khema Aryaputra

Sumber: liputan6.com

Write a comment